Media sosial.
Salah satu fitur dari internet ini kini semakin popular dan seolah-olah telah menjadi kebutuhan pokok bagi manusia. Media sosial hadir sesuai dengan salah satu fungsi dari internet yaitu Network Externalities (memperluas jaringan). Dengan memanfaatkan media sosial, orang-orang dapat saling terhubung tanpa perlu merisaukan masalah jarak yang memisahkan. Teknologi yang terus dikembangkan untuk memudahkan pekerjaan manusia juga turut berpengaruh pada perkembangan media sosial di dunia yang semakin beragam. Media sosial terus menyediakan dan menyempurnakan fitur-fitur didalamnya demi semakin memanjakan penggunanya. Hal ini menyebabkan pengguna internet khususnya media sosial di dunia semakin meningkat dari waktu ke waktu.
Sumber : katadata.co.id
Peningkatan jumlah pengguna internet dari waktu ke waktu juga terjadi di Indonesia. Dapat dilihat dari data diatas yang menunjukkan bahwa Indonesia sebagai negara dengan pengguna internet terbanyak keempat di wilayah Asia dengan jumlah penggguna 78 juta jiwa dari 255 juta jiwa dan dengan rasio pengguna internet sebesar 30,5 persen. Sedangkan posisi pertama diduduki oleh Cina (Tiongkok) dengan 674 juta pengguna, disusul oleh India dengan jumlah pengguna internet 375 juta jiwa di posisi kedua dan Jepang di posisi ketiga dengan jumlah total 115 juta pengguna internet.
Sumber: wearesocial.org
Awal tahun 2016 ini, We Are Social sebuah perusahaan agensi yang berpusat di Singapura juga merilis data "Digital in 2016" yang menampilkan data penggunaan internet di 30 negara, termasuk di Indonesia. Data diatas menunjukkan rata-rata waktu yang dihabiskan untuk menggunakan internet dengan berbagai perangkat. Data menunjukkan, orang-orang rata-rata menghabiskan waktu 4 jam 42 menit dalam sehari untuk terhubung dengan internet baik menggunakan personal computer (PC) maupun tablet atau 3 jam 33 menit perhari untuk terhubung dengan menggunakan handphone, dan 2 jam 51 menit untuk menggunakan media sosial dengan perangkat apapun.
Sumber: wearesocial.org
Data selanjutnya menunjukkan peringkat media sosial di Indonesia berdasarkan penggunanya. Di peringkat pertama diduduki oleh Blackberry Messenger (BBM) dengan total 19%, disusul oleh Facebook 15%, WhatsApp 14%, dan media sosial lainnya.
Data-data diatas menunjukkan bahwa Indonesia termasuk salah satu negara dengan pengguna internet dan media sosial aktif dalam jumlah besar. Penggunaan internet dan media sosial memang menguntungkan manusia dalam banyak hal namun internet dan media sosial juga dapat menimbulkan kerugian bagi pengguna dan orang-orang disekitarnya bila digunakan secara tidak bertanggungjawab dan dengan niat yang tidak baik. Karenanya pengguna internet dan media sosial harus tetap waspada dan berhati-hati dalam memanfaatkan kedua hasil perkembangan teknolohi tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar